Aksi Nyata Nilai dan Peran Guru Penggerak

 IHT Pemanfaatan Aplikasi Quizizz 

pada penilaian Akhir Semester 1 berbasis daring



1. Latar belakang

     Cara pandang lama yang beranggapan bahwa kombinasi pengetahuan pedagogi (P) dan pengetahuan konten (K) saja cukup dimiliki guru, sedikit demi sedikit mulai berubah. Pada tahun 1980-an dunia pendidikan mulai mengalami perubahan besar, dimana teknologi mulai menjadi bagian yang terdepan dalam pendidikan. Hal ini terjadi terutama terjadi karena berkembangnya inovasi teknologi digital yang menggabungkan perangkat keras dan lunak seperti komputer, game dan internet, serta aplikasi yang mendukungnya. Perkembangan teknologi ini kemudian dimanfaatkan dalam pembelajaran. Ini terlihat dengan munculnya berbagai game pendidikan
     Dengan berkembangnya era teknologi yang semakin maju, maka guru atau orang tua juga harus mengikuti era kemajuan zaman. Demikian halnya dalam bidang dunia pendidikan,  sehingga dengan adanya teknologi akan mempermudah guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya di dalam maupun di luar kelas. Di masa pandemic covid-19 ini, guru dan siswa dituntut untuk menguasai teknologi dengan sebaik mungkin. Dengan demikian, keduanya tetap bisa menjalankan perannya masing-masing. Guru mengajar dan siswa belajar. Kondisi yang serba rumit mengharuskan semua pihak memikirkan cara yang tepat dan menarik untuk melakukan proses pembelajaran, termasuk di dalamnya bagaimana melakukan proses evaluasi pembelajaran
      Quizizz merupakan sebuah aplikasi kuis berbasis web tool dengan menggunakan browser, kegunaan aplikasi ini untuk membuat permainan kuis edukasi interaktif yang dapat digunakan dalam kegiatan evaluasi, baik di dalam maupun di luar kelas, sehingga guru dapat memberikan evaluasi soal misalnya saja untuk penilaian formatif atau bahkan dapat digunakan oleh orang tua ketika anak sedang belajar dirumah


2.     Deskripsi Aksi Nyata

A.     Perencanaan

  1. Tanggal 19 November 2020 berkoordinasi dengan kepala Sekolah
  2. Tanggal 23 November 2020 mengadakan rapat dewan guru dan kepala sekolah untuk mensosialisasikan  pelaksanaan IHT pemanfaatan aplikasii Quizizz
  3.   Menyampaikan hal-hal yang yang harus dipersiapkan kepada teman sejawat

B.     Pelaksanaan

  1.  Tanggal 27, 28  November pelaksanaan IHT pemanfatan aplikasi Quizizz
  2. Persiapan ujicoba penilaian dengan aplikasi quizizz ke peserta didik
  3. Membagikan kuesioner kepada teman sejawat dan peserta didik tentang penggunaan aplikasi quizizz pada penilaian berbasis daring

C.    Kegiatan Akhir

  1. Mengevaluasi kegiatan  yang telah dilaksanakan apakah sudah mencapai tujuan
  2. Memperbaiki kekurangan yang terdapat pada kegiatan yang telah dilaksanakan

 

3.     Hasil dari Aksi Nyata

  •   Dalam kegiatan IHT ini mendapat dukungan penuh dari kepala sekolah, bahkan menyediakan dana khusus (anggaran dana BOS) demi untuk mengembangkan kreatifitas guru dalan pengelolaan pembelajaran jarak jauh.
  •  Rekan sejawat sangat mendukung kegiatan In house Training yang dilaksanakan di sekolah,  mereka termotivasi untuk mengikuti IHT karena memperoleh pengalaman baru dalam melakukan proses penilaian berbasis dalam daring , biasanyan mereka hanya menggunakan google form, sekarang mereka mampu melakukan evaluasi pembelajaran daring yang berbeda dari biasanya dengan menggunakan aplikasi Quizizz
  • Siswa lebih termotivasi dan senang untuk mengikuti pembelajaran dengan penilaian yang berbeda dari biasanya, Penggunaan aplikasi yang cukup beragam mampu menggali rasa ingin tahu siswa untuk mencoba semua aplikasi pembelajaran. Hal ini berdampak pada motivasi intrinsic mereka untuk belajar
  •  Dengan pemanfaatan aplikasi ini untuk melakukan evaluasi pembelajaran, ujian bisa dilaksanakan di mana saja, kapan saja, secara daring. Kegiatan ini tentu saja sifatnya ramah lingkungan karena tidak lagi menggunakan kertas sebagai bahan utama ujian

4.    Kegagalan dan Keberhasilan

           Kegagalan:

-          Ada rekan sejawat yang terlambat datang, sehingga penerimaan materi kurang maksimal sehingga diberikan penjelasan ulang kembali

-          Masih ada rekan sejawat tidak berani untuk otak atik aplikasi sehingga perlu di berikan bimbingan khusus

-          saat ujicoba masih ada siswa yang gagal login karena jaringan kurang baik

 

Keberhasilan:

-      Masing-masing guru mampu menginput soal, melaksanakan penilaian, mendownload hasil penilaian dengan menggunakan aplikasi quizizz

-          Ada Rekan sejawat bisa menjadi tutor  terhadap teman yang belum maksimal menggunakan aplikasi quizizz

-          Rekan sejawat sudah terbiasa menggunakan IT dalam setiap pembelajaran atau pekerjaan

-       Meningkatkan motivasi siswa untuk belajar karena dasarnya siswa menyukai game atau permainan

 

5.       Rencana Perbaikan
 

-        Melakukan kolaborasi dengan teman sejawat yang sudah mampu menguasai aplikasi quizizz untuk melakukan pendampingan kepada teman sejawat yang belum maksimal memahami aplikasi quiziz

-     Berdiskusi dengan teman sejawat terkait dengan kelebihan dan kekurangan penggunaan aplikasi quizizz pada saat Penilian Akhir semester 1

 

 


DOKUMENTASI FOTO




Pelaksanaan IHT Quizizz




Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKSI NYATA 1.3 VISI GURU PENGGERAK

AKSI NYATA 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

BOSAN...????