Aksi Nyata Nilai dan Peran Guru Penggerak
IHT Pemanfaatan Aplikasi Quizizz
pada penilaian Akhir Semester 1 berbasis daring
1. Latar belakang
2. Deskripsi Aksi Nyata
A. Perencanaan
- Tanggal
19 November 2020 berkoordinasi dengan kepala Sekolah
- Tanggal 23 November
2020 mengadakan rapat dewan guru dan kepala sekolah untuk
mensosialisasikan pelaksanaan IHT
pemanfaatan aplikasii Quizizz
- Menyampaikan hal-hal yang yang harus dipersiapkan kepada teman sejawat
B. Pelaksanaan
- Tanggal 27, 28 November pelaksanaan IHT pemanfatan aplikasi
Quizizz
- Persiapan ujicoba
penilaian dengan aplikasi quizizz ke peserta didik
- Membagikan kuesioner
kepada teman sejawat dan peserta didik tentang penggunaan aplikasi quizizz pada
penilaian berbasis daring
C. Kegiatan Akhir
- Mengevaluasi
kegiatan yang telah dilaksanakan apakah
sudah mencapai tujuan
- Memperbaiki kekurangan
yang terdapat pada kegiatan yang telah dilaksanakan
3. Hasil dari Aksi Nyata
- Dalam kegiatan IHT ini mendapat dukungan penuh dari kepala sekolah, bahkan menyediakan dana khusus (anggaran dana BOS) demi untuk mengembangkan kreatifitas guru dalan pengelolaan pembelajaran jarak jauh.
- Rekan sejawat sangat mendukung kegiatan In house Training yang dilaksanakan di sekolah, mereka termotivasi untuk mengikuti IHT karena memperoleh pengalaman baru dalam melakukan proses penilaian berbasis dalam daring , biasanyan mereka hanya menggunakan google form, sekarang mereka mampu melakukan evaluasi pembelajaran daring yang berbeda dari biasanya dengan menggunakan aplikasi Quizizz
- Siswa lebih termotivasi dan senang untuk mengikuti pembelajaran dengan penilaian yang berbeda dari biasanya, Penggunaan aplikasi yang cukup beragam mampu menggali rasa ingin tahu siswa untuk mencoba semua aplikasi pembelajaran. Hal ini berdampak pada motivasi intrinsic mereka untuk belajar
- Dengan pemanfaatan aplikasi ini untuk melakukan evaluasi pembelajaran, ujian bisa dilaksanakan di mana saja, kapan saja, secara daring. Kegiatan ini tentu saja sifatnya ramah lingkungan karena tidak lagi menggunakan kertas sebagai bahan utama ujian
4. Kegagalan dan Keberhasilan
Kegagalan:
-
Ada
rekan sejawat yang terlambat datang, sehingga penerimaan materi kurang maksimal
sehingga diberikan penjelasan ulang kembali
-
Masih
ada rekan sejawat tidak berani untuk otak atik aplikasi sehingga perlu di
berikan bimbingan khusus
-
saat
ujicoba masih ada siswa yang gagal login karena jaringan kurang baik
Keberhasilan:
- Masing-masing
guru mampu menginput soal, melaksanakan penilaian, mendownload hasil penilaian
dengan menggunakan aplikasi quizizz
-
Ada
Rekan sejawat bisa menjadi tutor
terhadap teman yang belum maksimal menggunakan aplikasi quizizz
-
Rekan
sejawat sudah terbiasa menggunakan IT dalam setiap pembelajaran atau pekerjaan
- Meningkatkan
motivasi siswa untuk belajar karena dasarnya siswa menyukai game atau permainan
5. Rencana Perbaikan
- Melakukan
kolaborasi dengan teman sejawat yang sudah mampu menguasai aplikasi quizizz
untuk melakukan pendampingan kepada teman sejawat yang belum maksimal memahami
aplikasi quiziz
- Berdiskusi
dengan teman sejawat terkait dengan kelebihan dan kekurangan penggunaan
aplikasi quizizz pada saat Penilian Akhir semester 1
DOKUMENTASI
FOTO
Pelaksanaan IHT Quizizz |
Komentar
Posting Komentar